Rumah



Bismillah. Assalamu’alaikum, fellas. Alhamdulillah, tak terasa gue udah menjalani kuliah semester ke-3 di prodi Tadris (Pendidikan) Fisika. Tentunya udah banyak banget hal yang gue lalui. Dimulai dari masuk asrama, PBAk, mulai ikut organisasi, dan banyak hal lainnya lagi.
Gue lulus SMA di tahun 2017, dan memutuskan untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan di kota Banjarmasin,. Awalnya sih orangtua –terutama Mama- kurang setuju. Tentu saja karena alasan jarak yang lumayan jauh. Padahal Cuma di provinsi tetangga loh, wkwk. Paling juga 7 jam nyampe, hehe. Tapi yang namanya orangtua tentu lah ya mengkhawatirkan anaknya, apalagi gue anak perempuan satu-satunya. Akhirnya setelah mendapat izin, gue pun mulai kuliah di sini.

Semakin lama gue jauh dari rumah, gue semakin menyadari betapa berharganya suasana di rumah, se-awkward apa pun itu. Waktu semester 1, awal-awal masuk asrama gue ngerasain yang namanya home-sick. Bayangin aja, gue yang terbiasa tinggal di kampung (hampir pedalaman malah, wkwk) dengan fasilitas seadanya, jauh dari keramaian, tiba-tiba pindah ke kota yang super berisik, banyak orang, ditambah nggak ada orang yang dikenal pula pas di asrama. Untungnya, ada seorang mahasiswi baru yang mau jadi temen sekamar gue, wkwk. Dia orangnya keren, perfeksionis, baik, dan pengertian banget sama daku. Hiks, terharu. T_T
Rencana Allah memang tak terduga, namun selalu yang terbaik. Temen sekamar gue ini dari kota Samarinda. Dia sama gue itu kayak berkebalikan banget dah, wkwk. Nah dari situ gue belajar banyak hal dari dia. Gue yang awalnya norak & kampungan banget, udah mulai kurang lah ya, wkwk. Dia juga ngasih tau hal-hal baru yang ngebuka pandangan gue. Pokoknya de best dah. :*. Coba aja seandainya gak ketemu sama dia, entah gimana gue jadinya, wkwk.

Di semester 1 ini gue belum terlalu ngerasain yang namanya kebelet pulang kampung atau rindu rumah akut, karena gue sempet pulang kampung dua kali. Gue masih menikmati masa-masa awal jadi mahasiswi, sekaligus mahasantriwati. Gue mikir kalo ini adalah mimpi besar gue yang diwujudkan oleh Allah, jadi gue sangat bersyukur dan menikmati banget.

Memasuki semester 2, gue udah nge-kost. Pengennya sih bareng temen sekamar waktu asrama, tapi nggak bisa. Gue pun nge-kost bareng temen satu angkatan waktu SMA. Nah, di sini udah mulai kerasa gimana susah senengnya jadi anak kost. Beda banget dengan waktu di asrama. Gue yang biasa dibangunin pagi, pas nge-kost jadinya sering nggak nentu lagi jam bangun paginya. Belum lagi tugas kuliah & organisasi yang mulai menyita waktu. Gue udah mulai sering ngerasa pengen pulang. Kangen masakan Mama lah, kangen dibangunin lah, kangen kucing lah. Tapi akhirnya semua itu terbalaskan saat libur panjang, hehe.

Dannn, inilah gue di semester 3. Masa dimana kuliah udah mulai kerasa. Kerasa gimana nikmatnya begadang ngerjain laporan, gimana bimbangnya milih antara dua organisasi, gimana rasanya lupa ngerjain tugas, wkwk. Tapi seberat apa pun beban dan tanggung jawab yang harus dipikul, insya Allah gue akan selalu bersyukur.

Jadi, selama gue merantau ini gue makin ngerti gimana definisi sebenarnya dari rumah itu sendiri. Rumah bukan hanya sebagai kata benda, namun juga kata sifat. Bukan hanya sekadar tempat dimana kita bisa beristirahat, namun juga sebagai tempat yang mampu menenangkan di kala gundah, tempat yang mampu memberi rasa nyaman, tempat yang hangat, dan tempat dimana cinta bersemayam. Rumah adalah tempat dimana gue bisa ngerasa disayangi lagi, tempat dimana pelukan dan kehangatan tersedia, dan tempat ternyaman yang pernah ada.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alasan Adhib